Wanita Hamil : Berat Bayi Rendah Disebabkan Gila Kerja


Wanita hamil yang pekerjaannya menuntut secara fisik, bekerja terlalu lama atau memiliki jam kerja yang tidak teratur bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Peneliti menemukan bahwa 1 dari 100 wanita hamil yang pekerjaannya membutuhkan fisik yang sangat aktif mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah, seperti dilansir Reuters.

Secara keseluruhan, 21 persen wanita hamil ini melahirkan dengan berat badan bayi rendah, dibandingkan dengan perempuan yang lebih sedikit tuntutan fisiknya di tempat kerja.

Selain tuntutan fisik, lamanya jam kerja, shift kerja dan kontrak kerja sementara juga ikut menyumbangkan kontribusinya pada kelahiran prematur atau berat badan bayi yang rendah.

Perempuan yang bekerja 40 jam lebih dalam seminggu atau bekerja dengan jadwal kerja shift risikonya pada berat badan bayi rendah. Sedangkan perempuan yang bekerja secara kontrak sementara memiliki empat kali kemungkinan bayi lahir secara prematur. Hal ini berhubungan dengan tingginya tingkat stres yang dialami oleh perempuan tersebut.

Dr Isabelle Niedhammer dari Universitas College Dublin Irlandia, mengatakan wanita hamil yang masih bekerja sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter kandungannya mengenai pekerjaan tersebut dan jika memungkinkan membuat penyesuaian terhadap kondisi kerja.ver/det

Tidak ada komentar:

Posting Komentar