Seafood Bagi Wanita Hamil ?


Ada kabar gembira buat wanita hamil yang selama ini takut mengonsumsi makanan laut karena cemas si bayi bisa alergi. Risiko alergi anak ternyata bisa dikurangi dengan mengonsumsi seafood.

Penelitian ini memang berbeda dengan anggapan umum bahwa seafood merupakan makanan yang dapat menyebabkan alergi.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidak pernah mengonsumsi seafood selama kehamilannya, melahirkan bayi dengan ukuran tubuh yang kecil," tutur Dr Zakiudin Munasir SpAK, ahli alergi imunologi bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, dalam seminar bertajuk 'Apakah Alergi Diturunkan Pada Anak?'.

Oleh karena itu, dokter justru menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi seafood asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Faktor yang menyebabkan alergi pada pecinta seafood adalah kandungan protein yang terkandung dalam seafood tersebut.

"Seorang penderita alergi tidak dapat menghidrolisis protein dalam seafood secara sempurna, akibatnya protein tersebut terserap secara utuh dan menjadi protein asing yang dapat memicu pengeluaran histamin," jelasnya.

Bagi wanita hamil dan menyusui juga dapat mencegah kemungkinan alergi pada anak. Caranya melakukan eliminasi makanan pengundang alergi, memberikan ASI eksklusif, berikan susu formula (jika gejala alergi susu sudah terlihat), hindari asap rokok, dan berikan obat antihistamin atau imunotherapi jika sudah terkena alergi.

Fakta terbaru menunjukkan bahwa konsumsi probiotik pada trimester terakhir ibu hamil dapat menurunkan risiko alergi anak karena dapat mencegah bahan alergen masuk ke dalam tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar