Lelah Selama Kehamilan

Salah satu bagian yang paling sulit saat hamil adalah ketika mengalami kelelahan. Kebanyakan wanita merasa bahwa sulit untuk bangun dan menjadi aktif ketika mereka sudah berada di tempat tidur. Kelelahan ini biasanya datang sekitar selama trimester pertama kehamilan karena hormon tubuh berubah.

Karena tubuh Anda bekerja nonstop untuk menciptakan seikat sukacita dalam diri Anda, meningkatkan suplai darah Anda, serta membuat Anda sehat, dan ketegangan yang menyertai Anda bisa menjadi sangat melelahkan. Termasuk Juga, perubahan hormon dan meningkatnya progesteron yang membuat sulit bagi Anda untuk tidur dengan nyenyak. Belum lagi morning sickness akan menyebabkan Anda merasa lelah dan mual.

Jangan khawatir meskipun; kelelahan ini biasanya berakhir sekitar trimester kedua kehamilan Anda. Tetapi mungkin akan kembali sekitar tujuh bulan ke kehamilan sejak bayi lebih berat dan ini adalah jauh lebih sulit untuk tidur. Anda mungkin mendapatkan sakit punggung dan kaki kram dari berat badan bayi dan bergerak terus-menerus. Jika kelelahan terus berlanjut ke trimester kedua kehamilan, Anda mungkin perlu periksa dokter, karena mungkin menjadi masalah.

Ada banyak cara untuk menangani kelelahan pada kehamilan Anda.
  • Pertama, Anda harus tidur lebih banyak dan pergi tidur lebih awal. Tidur pada titik-titik tertentu pada rutinitas setiap hari sangat membantu Anda untuk mendapatkan istirahat. Bahkan hanya dengan sepuluh menit tidur siang akan membantu Anda mengambil energi dan mengalahkan kelelahan. Jika Anda sedang bekerja, Anda dapat menemukan ruang kosong atau tidur di mobil Anda untuk sementara waktu. Bantal akan sangat membantu karena mereka dapat membuat Anda lebih nyaman.
  • Ingatlah bahwa karena Anda hamil, Anda harus mengurangi sedikit kegiatan dan menjaga diri Anda santai dan bebas stres.
  • Makanan adalah bagian penting untuk memperoleh energi, jadi pastikan bahwa anda mendapatkan cukup dalam dirimu. Selama kehamilan, Anda akan memerlukan paling sedikit 300 lebih kalori per hari. Junk food mungkin tampak menggoda, tetapi mereka bisa membuat Anda kehilangan energi setelah beberapa saat. Makanan sehat dan alami akan memberi Anda energi untuk melewati hari. Apakah makanan ringan setiap begitu sering dan tidak memiliki terlalu banyak kafein dalam bentuk kopi, teh atau minuman ringan. Sebaliknya, ada buah-buahan dan air.
Meskipun Anda mungkin merasa lelah, penting untuk mendapatkan sedikit olahraga kecil setiap hari. Anda dapat melakukan peregangan dan mengambil jalan santai singkat, karena ini akan bersantai Anda dan membuat Anda tetap bersemangat. Ingatlah bahwa Anda hanya harus berurusan dengan ini selama beberapa bulan.
(Eri Tri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar