Kesuburan Setelah Vasektomi

Vasektomi adalah solusi permanen sebagai pilihan yang banyak diambil oleh keluarga ketika mereka memutuskan bahwa sudah waktunya untuk pengendalian kelahiran. Sebuah vasektomi adalah sterilisasi permanen seorang laki-laki. Dibandingkan dengan perempuan sterilisasi, vasektomi secara historis lebih rumit dan memiliki lebih sedikit komplikasi jangka panjang.

Ada banyak alasan yang berbeda bahwa pasangan memilih untuk memiliki vasektomi. Alasan paling umum untuk mendapatkan pembalikan vasektomi adalah keputusan untuk mempunyai anak. Jika Anda memiliki vasektomi dan sekarang mempertimbangkan memiliki pembalikan, ada beberapa hal yang harus Anda harapkan. Pertama, Anda harus tahu bahwa sperma dalam air mani tidak akan segera kembali mengikuti prosedur pembalikan. Ini dapat berlangsung hingga satu tahun untuk memiliki sperma sehat yang baik, jadi jika Anda sedang mempertimbangkan punya anak lagi, jangan menunggu terlalu lama.

Memperbaiki kesuburan Anda dapat menjadi hal yang menarik. Dokter Anda akan memastikan bahwa Anda dan pasangan Anda dalam kondisi subur sebelum mencoba pembalikan. Sebuah pembalikan vasektomi tidak selalu berhasil, sehingga harus mencoba kembali untuk bisa sukses. Hal ini dapat sedikit mahal dan umumnya tidak tercakup oleh asuransi.

Pilihlah dokter Anda dengan bijaksana. Sebuah reproduksi endokrinologi atau urolog mungkin memiliki lebih banyak pengalaman di bidang ini daripada dokter keluarga Anda yang biasa. Tanyakan tentang prosedur dan tingkat keberhasilan setiap dokter. Setelah memilih dokter Anda, tanyakan tentang risiko dan kemungkinan komplikasi. Pastikan bahwa semua pertanyaan telah terjawab sebelum melalui prosedur medis.

Dokter Anda harus memberikan petunjuk ketika mengikuti beberapa minggu sebelum dan setelah prosedur. Anda harus diinstruksikan untuk tidak mengambil obat-obatan tertentu, seperti ibuprofen atau aspirin untuk setidaknya dua minggu menjelang prosedur. Dokter Anda kemungkinan besar akan menggunakan anestesi umum untuk prosedur ini, dan Anda bisa memilih untuk memiliki menginap di rumah sakit atau klinik setelah operasi.

Jika vasektomi pembalikan ini sukses, Anda mungkin bisa mendapatkan pasangan Anda hamil dalam beberapa bulan, tetapi bisa memakan waktu hingga satu atau dua tahun. Sekitar setengah dari pembalikan vasektomi berhasil. Air mani Anda dapat dianalisa untuk menentukan apakah ada sperma yang hadir untuk menentukan keberhasilan prosedur. Vasektomi pembalikan yang sangat halus dengan prosedur operasi kecil. Berbicara dengan dokter Anda atau spesialis infertilitas tentang apa yang dapat Anda harapkan dan Anda dapat berada di jalan kembali ke kesuburan.
(Eri Tri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar