Seberapa Sering Saya Dapat Menyusui Bayi Saya?


Tunggulah isyarat dari Bayi Anda, setiap bayi memiliki kebiasaan yang berbeda, tapi yang terbaik adalah memberikannya susu di saat bayi anda membutuhkannya. Kebutuhannya beragam dari sekitar tiga atau empat jam sekali, atau bahkan tidak jarang yang memintanya setiap setengah jam pada saat awal-awal sang bayi mulai menyusu kepada anda. Bayi yang baru lahir memiliki perut yang kecil, sehingga hanya dapat menampung jumlah susu yang tidak terlalu banyak, oleh sebab itu ia memerlukan terus di susui. Anda dapat memperhatikan bayi anda dikala ia memerlukan susu, biasaya ia akan mengejar puting anda bila didekatkan kepadanya.

Apakah Pelindung Puting Berguna?
Pelindung puting payudara yang biasanya terbuat dari silikon lentur memiliki fungsi untuk melindungi puting anda ketika bayi anda menyusu kepada anda. Mungkin, pelindung puting ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki bayi yang telah memiliki gigi sehingga puting anda bisa sedikit beristirahat dari gigitannya, namun yang patut diperhatikan adalah, pemakaiannya harus benar-benar steril, sterilkan pelindung puting tersebut di setiap akan digunakan.

Apakah Saya harus Menambah frekuensi Saya Makan dikala menyusui?
Anda akan membutuhkan tambahan ekstra 500 kalori per hari bila anda sendang menyusui karena dalam proses menyusui anda akan banyak mengeluarkan energi seiring dengan nutrisi yang diambil oleh sang bayi dari tubuh anda. Pastikan anda selalu menyiapkan banyak makanan ringan yang bernutrisi tinggi dari pada anda memakan makanan berat yang tinggi kalorinya namun kurang dalam hal nutrisi seperti kue-kue dan biskuit. Anda akan merasakan lebih sering lapar dan haus disaat menyusui bayi anda, oleh sebab itu, siapkanlah selalu minuman dan makanan ringan bernutrisi tinggi disekitar anda.


sumber: Your Baby First Year/Feeding, Unit 62, Sheet 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar